PENGARUH SIMULASI DENGAN INQUIRY BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PRAKTIK SADARI PADA SISWI DI SMK NEGERI 1 KARANGANYAR

Yusroini Yusuf, Yusroini (2022) PENGARUH SIMULASI DENGAN INQUIRY BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PRAKTIK SADARI PADA SISWI DI SMK NEGERI 1 KARANGANYAR. Other thesis, Universitas Kusuma Husada Surakarta.

[img] Text
Naskah Publikasi Yusroini Yusuf (S18107).pdf - Published Version

Download (223kB)

Abstract

Kanker payudara merupakan kasus kanker terbanyak dan menduduki posisi tertinggi kanker yang dialami oleh perempuan. Setelah perempuan mengalami masa pubertas angka kejadian kanker payudara berisiko meningkat. Pemberian informasi kesehatan mengenai SADARI sangat penting diberikan kepada remaja sebagai upaya deteksi dini kanker payudara. Rendahnya pengetahuan serta kurangnya informasi mengenai SADARI menyebabkan kurangnya keterampilan praktik SADARI pada remaja. Metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam upaya pemberian informasi kesehatan mengenai SADARI adalah simulasi dengan inquiry based learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh simulasi dengan inquiry based learning terhadap keterampilan praktik SADARI pada siswi di SMK Negeri 1 Karanganyar.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan penelitian quasi experiment pre and post test without control group. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan pobability sampling dengan teknik stratified random sampling yang berjumlah 82 responden. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan tools SADARI. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Wilcoxon.
Hasil Uji Wilcoxon menunjukkan p = 0,000, nilai p < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh simulasi dengan inquiry based learning terhadap keterampilan praktik SADARI pada siswi di SMK Negeri 1 Karanganyar.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Sarjana Keperawatan > Skripsi
Depositing User: Unnamed user with email eprints@ukh.ac.id
Date Deposited: 06 Jun 2022 03:53
Last Modified: 06 Jun 2022 03:53
URI: http://eprints.ukh.ac.id/id/eprint/2676

Actions (login required)

View Item View Item