Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Video Animasi Terhadap Sikap Anak Dalam Pecegahan Pelecehan Seksual Di TK 01 Karanglo, Tawangmangu

Berliana Ajeng Nuraini, Berliana (2022) Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Video Animasi Terhadap Sikap Anak Dalam Pecegahan Pelecehan Seksual Di TK 01 Karanglo, Tawangmangu. Other thesis, Universitas Kusuma Husada Surakarta.

[img] Text
1BERLIANA (S18170) NASKAH PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (539kB)

Abstract

Pelecehan seksual adalah segala macam bentuk perilaku yang mengarah kepada hal seksual atau pemuasan kebutuhan seksual yang menimbulkan reaksi negatif (Handayani, 2012). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian video animasi terhadap sikap anak dalam pencegahan pelecehan seksual di TK 01 Karanglo, Tawangmangu. Jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Pre Eksperimental, perencanaan yang digunakan adalah One Grup Pre test dan Post Test Design. Sampel pada penelitian ini menggunakan metode non probably sampling dengan purposive sampling dengan sampel 77 responden. Hasil penelitian menunjukkan sebelum diberikan pendidikan kesehatan sebagian besar responden memiliki sikap negatif sebanyak 70 anak (91,1%), dan setelah diberikan pendidikan kesehatan sebagian besar responden memiliki sikap positif yaitu sebanyak 72 anak (93,5%). Berdasarkan hasil Analisa dari uji wilcoxon didapatkan angka p-value sebesar 0.000, dimana p-value 0,000 < 0,05 dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh pemberian pendiidkan kesehatan dengan media video animasi terhadap sikap anak dalam pencegahan pelecehan seksual di TK 01 Karanganyar.
Kata Kunci : Video animasi, sikap, pencegahan pelecehan seksual
Daftar Pustaka : 37 (2011 – 2021)

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Sarjana Keperawatan > Skripsi
Depositing User: Unnamed user with email eprints@ukh.ac.id
Date Deposited: 02 Sep 2022 02:27
Last Modified: 02 Sep 2022 03:00
URI: http://eprints.ukh.ac.id/id/eprint/3262

Actions (login required)

View Item View Item