PENGARUH EDUKASI ROLEPLAY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PERTOLONGAN PERTAMA LUKA BAKAR PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SD NEGERI 1 SELOKATON

ELI LAVITA SARI, ELI (2022) PENGARUH EDUKASI ROLEPLAY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PERTOLONGAN PERTAMA LUKA BAKAR PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SD NEGERI 1 SELOKATON. Other thesis, UNIVERSITAS KUSUMA HUSADA SURAKARTA.

[img] Text
naspub eli 222000.pdf

Download (286kB)

Abstract

PROGRAM STUDI KEPERAWATAN PROGRAM SARJANA
FAKULTAS ILMU KESEHATAN
UNIVERSITAS KUSUMA HUSADA SURAKARTA
2022
PENGARUH EDUKASI ROLEPLAY LEARNING TERHADAP
KETERAMPILAN PERTOLONGAN PERTAMA LUKA BAKAR PADA
ANAK USIA SEKOLAH DI SD NEGERI 1 SELOKATON
Eli Lavita Sari1)
, Ratih Dwilestari Puji Utami2)
, Maula Mar’atus Sholikhah3)
1)MahasiswaProgram Studi Keperawatan Program Sarjana
Universitas Kusuma Husada Surakarta
2)3)Dosen Program Studi Keperawatan Program Sarjana
Universitas Kusuma Husada Surakarta
Elilavitasari23@gmail.com
ABSTRAK
Luka bakar merupakan luka yang unik diantara bentuk luka yang lainnya
karena luka tersebut mencakup sejumlah jaringan yang mati, berada pada
tempatnya. Hasil studi pendahuluan di SD Negeri 1 Selokaton metode wawancara
didapatkan 3 sampai 5 anak pernah mengalami dan melihat cedera luka bakar
terkena minyak goreng dan setrika, namun belum mengetahui untuk penangan
lebih efektif dan sesuai dengan SOP yang benar.
Metode penelitian ini adalah pre experiment dengan rancangan penelitian
pre and post without control. Populasinya siswa SD Negeri 1 Selokaton sebanyak
73 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan
Stratified random sampling dengan jumlah sampel 42 responden. Instrumen yang
digunakan adalah lembar observasi dan media yang digunakan roleplay.
Penelitian ini menggunakan analisa statistik Uji Wilcoxon. Sebelum diberikan
edukasi kesehatan pertolongan pertama luka bakar dengan media roleplay semua
responden tidak memiliki keterampilan pertolongan pertama luka bakar yaitu
sebanyak 41 responden (97,8%), sesudah diberikan edukasi tentang pertolongan
pertama luka bakar dengan media roleplay terjadi peningkatan yang sangat
signifikan yaitu 23 responden (54,8%), nilai kategori sangat mampu.
Hasil uji statistik keterampilan sebelum dan sesudah edukasi kesehatan
tentang pertolongan pertama luka bakar media roleplay diperoleh nilai p= 0,000
(p<0.05). Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh edukasi roleplay
learning terhadap keterampilan pertolongan pertama luka bakar pada anak usia
sekolah di SD Negeri 1 Selokaton. Rekomendasi yang diberikan adalah roleplay
digunakan sebagai bahan alternatif pembelajaran disekolah mengenai pertolongan
pertama luka bakar.
Kata kunci : Edukasi Kesehatan, Keterampilan, luka bakar.
Daftar Pustaka : 32 (2011-2022)

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Sarjana Keperawatan > Skripsi
Depositing User: Unnamed user with email eprints@ukh.ac.id
Date Deposited: 14 Oct 2022 04:45
Last Modified: 14 Oct 2022 04:45
URI: http://eprints.ukh.ac.id/id/eprint/3587

Actions (login required)

View Item View Item