Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Focus Group Disscusion Terhadap Tingkat Pengetahuan Dalam Melakukan Kewaspadaan Standar Mencegah Healthcare Associated Infections (HAIs) di Puskesmas Kartasura Kabupaten Sukoharjo

Ali Rosjidi, Ali (2023) Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Focus Group Disscusion Terhadap Tingkat Pengetahuan Dalam Melakukan Kewaspadaan Standar Mencegah Healthcare Associated Infections (HAIs) di Puskesmas Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Other thesis, Universitas Kusuma Husada Surakarta.

[img] Text
Ali.Rosjidi_ST181005_Naskah.Publikasi.pdf

Download (225kB)
[img] Text
Ali.Rosjidi_ST181005_Naskah.Publikasi.pdf

Download (225kB)
[img] Text
Ali.Rosjidi_ST181005_Naskah.Publikasi.pdf

Download (225kB)

Abstract

Infeksi Terkait Pelayanan Kesehatan (Health Care Associated Infections) adalah infeksi yang terjadi pada pasien selama perawatan di rumah sakit dan fasilitas pelayanan kesehatan lainnya, termasuk infeksi dalam rumah sakit tapi muncul setelah pasien pulang, juga infeksi karena pekerjaan pada petugas rumah sakit dan tenaga kesehatan terkait proses pelayanan kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan (PMK No.27 Tahun 2017). Penyebab infeksi adalah bakteri, jamur, virus, dan parasit. Pencegahan dan pengendalian infeksi dilakukan dengan cara melaksanakan kewaspadaan standar. Tingkat pengetahuan petugas pelayanan kesehatan yang baik tentang kewaspadaan standar berhubungan dengan berkurangnya terjadinya infeksi (Alhumaid et al, 2021). Untuk meningkatkan pengetahuan tenaga kesehatan dapat dilakukan dengan Focus Group Discuccion (FGD). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode Focus Group Disscusion (FGD) terhadap pengetahuan melakukan Kewaspadaan Standar Mencegah Healthcare Associated Infections (HAIs).
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain True Experimental. Teknik sampling yang digunakan yaitu cluster sampling dengan jumlah responden sebanyak 20 responden pada setiap kelompok.
Hasil penelitian, ada perbedaan pengetahuan setelah diberikan pendidikan kesehatan antara kelompok intervensi dengan kelompok kontrol. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji statistik komparatif independen dengan T berpasangan menunjukkan nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (p = 0,000 < 0,05).
Kata kunci : “Healthcare Associated Infections (HAIs)”, “Focus Group Discuccion (FGD)”, “Kewaspadaan Standar”.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Sarjana Keperawatan
Depositing User: Univ Kusuma Husada
Date Deposited: 31 May 2023 02:45
Last Modified: 31 May 2023 02:45
URI: http://eprints.ukh.ac.id/id/eprint/4147

Actions (login required)

View Item View Item