ASUHAN KEPERAWATAN PASIEN DENGAN STROKE NON HEMORAGIK DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN AKTIVITAS DAN LATIHAN

FIQIH ADHAM PRASTIWI, fiqih (2019) ASUHAN KEPERAWATAN PASIEN DENGAN STROKE NON HEMORAGIK DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN AKTIVITAS DAN LATIHAN. Diploma thesis, STIKes Kusuma Husada Surakarta.

[img] Text
NASKAH PUBLIKASI FIQIH.pdf - Published Version

Download (170kB)

Abstract

Stroke non hemoragik adalah suatu penyakit yang diawali dengan terjadinya serangkaian perubahan dalam otak karena terhambatnya atau berhentinya suplai darah ke otak karena adanya sumbatan. Pasien stroke non hemoragik pada umunya akan mengalami gangguan sensoris dan motoris yang mengakibatkan gangguan keseimbangan termasuk kelemahan otot, serta hilangnya koordinasi, hilangnya kemampuan keseimbangan tubuh dan postur (hemiparesis). Rehabilitasi yang bisa dilakukan pada pasien stroke non hemoragik selain terapi medikasi atau obat-obatan adalah mirror therapy. Tujuan dari studi kasus ini adalah untuk mengetahui gambaran asuhan keperawatan pada pasien Stroke Non Hemoragik dalam pemenuhan kebutuhan aktivitas dan latihan. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif dengan menggunakan metode pendekatan studi kasus. Subjek dalam studi kasus ini satu orang pasien Stroke Non Hemoragik yang memiliki kriteria kelemahan kekuatan otot pada ekstremitas atas maupun bawah di ruang Anggrek 2 RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Hasil studi kasus menunjukan bahwa terdapat peningkatan nilai kekuatan otot ekstremitas kiri atas maupun bawah dari skala 2 menjadi skala 4 setelah dilakukan mirror therapy. Mirror therapy ini sangat efektif dan dapat digunakan sebagai alternative tindakan non farmakologi dalam pemenuhan kebutuhan aktivitas dan latihan pasien Stroke Non Hemoragik.

Kata Kunci: Stroke Non Hemoragik, Aktivitas dan Latihan, Mirror Therapy

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Keperawatan > Keperawatan Anak
Depositing User: Users 1 not found.
Date Deposited: 27 Dec 2019 03:44
Last Modified: 27 Dec 2019 03:44
URI: http://eprints.ukh.ac.id/id/eprint/53

Actions (login required)

View Item View Item