SRI WAHYUNI, SRI WAHYUNI (2019) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN LEAFLET DAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN HAND HYGIENE KELUARGA PASIEN DI RUANG MELATI 3 RSUD Dr. MOEWARDI. Other thesis, STIKes Kusuma Husada Surakarta.
| ![[img]](http://eprints.ukh.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text ARTIKEL ILMIAH YUNI ST. 181050.pdf - Published Version Download (282kB) | 
Abstract
Keluarga pasien mempunyai peranan penting dalam pencegahan terjadinya HAIS (Healthcare Associared Infections) dengan cara meningkatkan pengetahuan mencuci tangan (hand hygiene) dengan baik.  Salah satu upaya peningkatan pengetahuan anggota keluarga pasien adalah pemberian pendidikan kesehatan dengan menggunakan leaflet dan  media audiovisual. Tujuan penelitian adalah mengetahui  pengaruh pendidikan kesehatan dengan leaflet dan  media audiovisual  terhadap tingkat pengetahuan hand hygiene keluarga pasien di Ruang Melati 3 RSUD Dr. Moewardi.
Jenis penelitian adalah penelitian quasi eksperiment. Rancangan penelitian menggunakan  non-equivalent control group design. Sampel penelitian adalah anggota keluarga pasien yang menjalani perawatan di Ruang Melati 3. Teknik  purposive sampling dan diperoleh sebanyak 72 responden dibagi menjadi 2. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. 
Hasil penelitian menunjukkan kelompok intervensi sebagian besar pre test kategori kurang 61,1% sedangkan post test kategori baik 66,7%. Hasil uji Wilcoxon  menunjukkan kelompok intervensi diperoleh  nilai  p= 0,000 dan disimpulkan ada pengaruh pendidikan kesehatan dengan leaflet dan  media audiovisual terhadap tingkat pengetahuan keluarga pasien.
Kata kunci : Pendidikan kesehatan, pengetahuan, hand hygiene, leaflet, audiovisual
Daftar pustaka: 58 (2009-2018)
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | Keperawatan > Keperawatan Anak | 
| Depositing User: | Users 1 not found. | 
| Date Deposited: | 10 Feb 2020 04:13 | 
| Last Modified: | 10 Feb 2020 04:13 | 
| URI: | http://eprints.ukh.ac.id/id/eprint/82 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 

