PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MELALUI FLASHCARD TERHADAP KETERAMPILAN TOILET TRAINING PADA ANAK RETARDASI MENTAL DI SLB C SETYA DARMA SURAKARTA

Ika Ayu Mukarommah, ika (2020) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MELALUI FLASHCARD TERHADAP KETERAMPILAN TOILET TRAINING PADA ANAK RETARDASI MENTAL DI SLB C SETYA DARMA SURAKARTA. Other thesis, STIKes Kusuma Husada Surakarta.

[img] Text
NASKAH PUBLIKASI IKA. new.pdf - Published Version

Download (446kB)

Abstract

Pada anak retardasi mental masalah yang terjadi adalah keterbatasan kemampuan dalam kemandirian dalam melakukan aktivitas sehari-hari yaitu dalam hal makan, mengurus diri (oral hygiene, mandi, berpakaian), dan toilet training. Salah satu tindakan yang dapat diberikan untuk mengatasi masalah diatas adalah dengan memberikan edukasi kepada anak retardasi mental dengan menggunakan flashcard. Flashcard adalah media pembelajaran dalam bentuk kartu bergambar yang ukurannya berukuran 15x20 cm.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh pendidikan kesehatan melalui flashcard terhadap keterampilan toilet training pada anak retardasi mental di SLB C Setya Darma Surakarta. Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi experiment pre and post test without control. Teknik pengambilan sampel adalah Total sampling sebanyak 20 anak dengan Pemberian materi sebanyak 4 kali selama 2 minggu.
Hasil uji Wilcoxon menunjukan Ketrampilan Toileting pada anak dengan retardasi mental p value = 0,000, sehingga ada Pengaruh Pendidikan Kesehatan Melalui Flashcard Terhadap Ketrampilan Toilet Training Pada Anak Retardasi Mental. Saran untuk peneliti selanjutnya agar peneliti lebih meningkatkan teknik komunikasi dalam menyampaikan materi kepada anak retardasi mental.

Kata Kunci : Retardasi Mental, Toilet Training, Flashcard
Daftar Pustaka : 47 (2010-2018)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Keperawatan > Keperawatan Anak
Depositing User: Users 1 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2020 07:15
Last Modified: 05 Mar 2020 07:15
URI: http://eprints.ukh.ac.id/id/eprint/125

Actions (login required)

View Item View Item