HUBUNGAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) DENGAN TINGKAT STRESS SISWA SMK KELAS XII DIMASA PANDEMI COVID-19

AYUNI RISNAWATI, AYUNI (2021) HUBUNGAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) DENGAN TINGKAT STRESS SISWA SMK KELAS XII DIMASA PANDEMI COVID-19. Other thesis, UNIVERSITAS KUSUMA HUSADA SURAKARTA.

[img] Text
NASPUB ABSTRAK-AYUNI RISNAWATI.pdf - Published Version

Download (278kB)

Abstract

HUBUNGAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) DENGAN TINGKAT STRES SISWA SMK KELAS XII DIMASA PANDEMI COVID-19
Ayuni Risnawati 1), Saelan 2), Isra Nur Utari Syachnara Potabuga 2)
1)Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Prodi Keperawatan Program Sarjana Universitas Kusuma Husada Surakarta
2)Dosen Pengajar Universitas Kusuma Husada Surakarta
Email : ayunirisnawati46@gmail.com
ABSTRAK
Dunia saat ini sedang dilanda pandemi Covid-19. Hal ini memberikan dampak pada kegiatan belajar mengajar, pembelajaran yang semestinya dilakukan secara langsung sekarang hanya dilakukan dengan metode pembelajaran jarak jauh (PJJ). Metode ini berdampak terhadap pelajar salah satunya adalah stres. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) dengan tingkat stres pada siswa SMK kelas XII di masa pandemi Covid-19.
Penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional yang dilakukan di SMK Pancasila Surakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Proportional sampling dengan jumlah responden 95. Alat ukur yang digunakan Kuisioner PJJ dan Kuisioner PSS-10. Data yang diperoleh diolah menggunakan uji Rank Spearman.
Berdasarkan analisa dari uji Rank Spearman didapatkan p value sebesar 0,000. Jadi p value 0,000 < 0,05 kesimpulannya adalah terdapat hubungan antara Pembelajaran Jarak Jauh dengan Tingkat Stres Siswa SMK Kelas XII Dimasa Pandemi Covid-19. Untuk itu sekolah diharapkan dapat melakukan screening dan evaluasi agar siswa dapat menyesuaikan diri dan menemukan pola koping dengan baik.

Kata kunci : Pandemi, pembelajaran jarak jauh, stres, siswa SMK
Daftar pustaka : 84 (2018-2021).

THE RELATIONSHIP BETWEEN DISTANCE LEARNING AND STRESS LEVEL OF CLASS XII VOCATIONAL SCHOOL STUDENTS DURING THE COVID-19 PANDEMIC
Ayuni Risnawati 1), Saelan 2), Isra Nur Utari Syachnara Potabuga 2)
1)Student of Health Sciences Faculty, Nursing Undergraduate Study programs, University of Kusuma Husada Surakarta
2)Lecturer at the University of Kusuma Husada Surakarta
Email : ayunirisnawati46@gmail.com
ABSTRACT
The world is currently experiencing the Covid-19 pandemic. It impacts teaching and learning activities. Learning that should be performed directly changes to the distance learning method. An effect of this method is students' stress. The study proposed to identify the relationship between distance learning and the stress level of class XII vocational students during the Covid-19 pandemic.
This study adopted a quantitative with a cross-sectional approach at SMK Pancasila Surakarta. The sampling technique applied a proportional sampling technique with 95 respondents. The distance Learning Questionnaire and the PSS-10 Questionnaire were used as measuring instruments. Its data were analyzed by using the Spearman’s rank test.
The Spearman's rank test obtained a p-value of 0.000. The p-value 0.000 < 0.05. It inferred a relationship between Distance Learning and the Stress Level of class XII vocational school Students during the Covid-19 pandemic. The school is expected to conduct screening and evaluation. Therefore, the students could adapt and obtain coping models properly.
Keywords: Pandemic, Distance Learning, Stress, Vocational Students.
Bibliography:84(2018-2021)

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Sarjana Keperawatan > Skripsi
Depositing User: Unnamed user with email eprints@ukh.ac.id
Date Deposited: 31 Dec 2021 08:11
Last Modified: 31 Dec 2021 08:11
URI: http://eprints.ukh.ac.id/id/eprint/2563

Actions (login required)

View Item View Item