ANALISIS DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAPPERKEMBANGANKOGNITIF ANAK USIA DINIDI PAUD SETYA BAKTI KRIKILANKABUPATEN SRAGEN

WITIA HERLENI, WITIA (2022) ANALISIS DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAPPERKEMBANGANKOGNITIF ANAK USIA DINIDI PAUD SETYA BAKTI KRIKILANKABUPATEN SRAGEN. Other thesis, UNIVERSITAS KUSUMA HUSADA SURAKARTA.

[img] Text
NASKAH WITIA HERLENI.pdf - Published Version

Download (377kB)

Abstract

Abstrak
Wabah Covid-19 merupakan penyakit menular, penyebaran wabah ini sangat cepat, menyebabkan pandemik global hampir seluruh negara.Secara umum, gejala yang ditimbulkan oleh Covid-19 terdiri dari beberapa tingkatan, mulai dari yang tidak menunjukkan gelaja sama sekali, gejala ringan seperti demam dan flu,gejala sedang mual dan muntah hingga sangat parah yaitu pneumonia.
Penelitian ini bertujuan untuk bagaimana bentuk pendidikan anak usia dini selama masa pandemi. Dan untuk mengetahui dampak terhadap perkembangan kognitif anak usia dini selama pembelajaran daring.
Jenis penelitian ini yaitu deskriftif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru-guru, orang tua, dan anak usia dini. Teknik pengumpulan data dilakukan secara wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini diketahui perkembangan aspek kognitif siswa PAUD cukup baik.Hal ini dapat diketahui bahwa kemampuan koginitif siswa PAUD Satya Bakti Krikilan untuk indikator kemampuan memecahkan masalah cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan siswa dalam mengenal nama-nama benda yang di sekitarnya beserta fungsinya, siswa sudah mampu menggunakan dan berkreativitas dengan benda sekitarnya sebagai objek permainan, siswa sudah mampu membedakan mana jumlah yang banyak dan sedikit, dan sub indikator lainnya siswa sudah mampu dengan baik.
Kata Kunci: Dampak Pandemi Covid-19, Perkembangan Kognitif

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Sarjana Kebidanan
Depositing User: Unnamed user with email eprints@ukh.ac.id
Date Deposited: 19 Jul 2022 08:16
Last Modified: 19 Jul 2022 08:16
URI: http://eprints.ukh.ac.id/id/eprint/2769

Actions (login required)

View Item View Item