Anisa Andriyana Sefi S P, Anisa (2022) Hubungan Pengetahuan Dan Penanganan Tentang Cedera Pada Guru Dan Karyawan Di SD Negeri 1 Dan 3 Kismoyoso Boyolali. Other thesis, Universitas Kusuma Husada Surakarta.
Text
NASPUB ANISA ANDRIYANA S18005.pdf - Published Version Download (343kB) |
Abstract
Cedera mengakibatkan 5,8 juta kematian dan lebih dari 3 juta kematian diantaranya terjadi di Negara berkembang. WHO menyatakan bahwa tidak kurang dari 875.000 anak di bawah 18 tahun meninggal per tahun karena cedera. Proporsi cedera di Indonesia didominasi oleh luka lecet sebesar 70,9%. Proporsi cedera provinsi Jawa Tengah mencapai 9,3%. Ketika terjadi cedera di sekolah, guru adalah orang pertama yang membantu anak dan melakukan pertolongan pertama. Pertolongan pertama sangat penting untuk mencegah keparahan lebih lanjut dengan intervensi yang sederhana. Guru harus mengatahui aturan dasar praktek pertolongan pertama (Kameliawati, 2019). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan penanganan tentang cedera pada guru dan karyawan di SDN 1 dan 3 Kismoyoso. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif cross sectional. Sampel penelitian ini sebanyak 30 responden dengan teknik total sampling. Analisa data penelitian ini menggunakan uji spearman. Hasil analisa univariat menunjukkan pengetahuan baik 27 responden (90%), cukup 3 (10%), kurang 0 dan penanganan baik 28 responden (93,3%), cukup 2 responden (6,7%), kurang 0. Hasil analisa bivariat menunjukkan hasil sig.(2-tailed) 0,000 arah korelasi ditunjukkan pada koefisien korelasi yaitu 0,802 yang berarti arah korelasi positif dengan hubungan yang kuat. Kesimpulan pada penelitian ini ada hubungan pengetahuan dan penanganan tentang cedera pada guru dan karyawan di SDN 1 dan 3 Kismoyoso.
Kata Kunci : Pengetahuan, penanganan cedera
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Sarjana Keperawatan > Skripsi |
Depositing User: | Unnamed user with email eprints@ukh.ac.id |
Date Deposited: | 14 Oct 2022 05:43 |
Last Modified: | 14 Oct 2022 05:43 |
URI: | http://eprints.ukh.ac.id/id/eprint/3599 |
Actions (login required)
View Item |