layli khairani, layli (2022) hubungan pelayanan prima dengan kepuasan pasien di instalasi gawat darurat (IGD) RSUD Ibu Fatmawati Soekarno Kota Surakarta. Other thesis, Universitas kusuma husada surakarta.
Text
Naskah Publikasi_Layli_khairani.pdf - Published Version Download (203kB) |
Abstract
ABSTRAK
Pelayanan prima merupakan sikap atau cara memberikan pelayanan yang berperan besar dalam menghasilkan kepuasan bagi pasien, pelayanan prima dapat menjadikan pelayanan yang bermutu sehingga sesuai dengan harapan bahkan melebihi harapan pasien serta meningkatkan kepercayaan pada rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pelayanan prima dengan kepuasan pasien di instalasi gawat darurat (IGD) RSUD Ibu Fatmawati Soekarno Kota Surakarta.
Metode penelitian yang digunakan adalah dekriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel berjumlah 89 responden, pengambilan sampel menggunakan Teknik purposive sampling.
Hasil penelitian adalah mayoritas pasien berjenis kelamin perempuan, berumur 36-45 tahun, berpendidikan SMA, dan bekerja sebagai ibu rumah tangga, Hasil univariat menunjukkan bahwa sebagian besar responden menilai pelayanan prima di instalasi gawat darurat cukup prima 48 pasien (53,9%). Masing-masing dimensi pelayanan prima termasuk dalam kategori cukup, antara lain dimensi kemampuan (64,0 %), sikap (64,0%), penampilan (71,9%), perhatian (71,9%), tindakan (95,5%), dan tanggung jawab (57,3%). Berdasarkan kepuasan pasien, bahwa sebagian besar responden menilai kepuasan pasien di instalasi gawat darurat cukup puas 47 pasien (52,8%). Masing-masing dimensi kepuasan pasien dalam kategori cukup puas, anatara lain dimensi bukti fisik (59,6 %), empati (67,4 %), kehandalan (58,4 %), ketanggapan (69,7 %), jaminan (66,3 %),
Kesimpulan dari penelitian ini terdapat hubungan pelayanan prima dengan kepuasan pasien di instalasi gawat darurat (IGD) RSUD Ibu Fatmawati Soekarno kota surakarta dengan nilai P value (0,000 < 0,05) dengan nilai (r =0.888) arti positif menunjukkan arah korelasi pelayanan prima mempunyai hubungan yang sangat kuat dengan kepuasan pasien di instalasi gawat darurat (IGD) RSUD Ibu Fatmawati Soekarno Kota Surakarta.
Kata kunci : Pelayanan prima, kepuasan pasien, instalasi gawat darurat
Daftar Pustaka : 45 (2012-2022)
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Sarjana Keperawatan > Skripsi |
Depositing User: | Unnamed user with email eprints@ukh.ac.id |
Date Deposited: | 17 Oct 2022 14:45 |
Last Modified: | 17 Oct 2022 14:46 |
URI: | http://eprints.ukh.ac.id/id/eprint/3614 |
Actions (login required)
View Item |