Restu Candra Suryaningtyas, Restu (2022) ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA SISTEM BRIDGING SIMPUS DAN PRIMARY CARE (P-CARE) BPJS DENGAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) DI PUSKESMAS WILAYAH KERJA DINAS KESEHATAN KOTA SURAKARTA. Other thesis, UNIVERSITAS KUSUMA HUSADA SURAKARTA.
Text
Artikel Naskah Publikasi Restu AK18012.pdf Download (230kB) |
Abstract
Permasalahan dalam penggunaan sistem bridging SIMPUS dan Primary Care (P-Care) BPJS dapat mengakibatkan menurunnya kinerja sistem sekaligus mempengaruhi kepuasan dari pengguna sistem tersebut. Puskesmas di Kota Surakarta merupakan puskesmas yang telah menggunakan sistem bridging SIMPUS dan Primary Care (P-Care) BPJS akan tetapi hingga saat ini belum pernah dilakukan evaluasi dari segi kepuasan penggunanya. Analisis kepuasan penting dilakukan untuk mengetahui sejauh mana harapan dan presepsi pengguna sistem dalam mencapai kelayakan sistem informasi dan dapat memenuhi harapan penggunanya. Metode yang paling sering digunakan untuk menganalisis kepuasan pengguna dari sebuah sistem adalah metode end user computing satisfaction (EUCS).
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasaan pengguna sistem bridging SIMPUS dan Primary Care (P-Care) BPJS dengan metode end user computing satisfaction (EUCS) di puskesmas wilayah kerja Dinas Kesehatan Kota Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Objek penelitian ini adalah sistem bridging SIMPUS dan Primary Care (P-Care) BPJS. Subjek penelitian ini adalah pengguna sistem di 4 Puskesmas. Penentuan sampel dilakukan dengan cara quota sampling sebanyak 38 sampel dengan kriteria tertentu. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan uji univariat dan uji chi square.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara 4 dimensi EUCS dengan kepuasan pengguna yaitu content nilai p-value sebesar 0,025, accuracy nilai p-value sebesar 0,037, ease of use nilai p-value sebesar 0,024 dan timeliness nilai p-value sebesar 0,002. Serta 1 dimensi tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan kepuasan pengguna yaitu format nilai p-value sebesar 0,063.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Sarjana Administrasi Kesehatan |
Depositing User: | Unnamed user with email eprints@ukh.ac.id |
Date Deposited: | 27 Oct 2022 04:24 |
Last Modified: | 27 Oct 2022 04:24 |
URI: | http://eprints.ukh.ac.id/id/eprint/3732 |
Actions (login required)
View Item |