Penerapan Discharge Planning Dan Kepuasan Pelayanan Di Ruang ICU RSUD Ibu Fatmawati Soekarno Kota Surakarta

nova okta diani, nova (2023) Penerapan Discharge Planning Dan Kepuasan Pelayanan Di Ruang ICU RSUD Ibu Fatmawati Soekarno Kota Surakarta. Other thesis, Universitas kusuma husada surakarta.

[img] Text
NASPUB KIAN Nova Fiks.pdf

Download (311kB)

Abstract

Abstrak
Dischargeplanning merupakan bagian dari proses keperawatan penentu keberhasilan pelayanan kesehatan di rumah sakit. discharge
planning diruang ICU penting diterapkan untuk mengurangi timbulnya masalah baru seperti timbulnya decubitus, selain itu dischargeplanning dapat berfungsi sebagai titik awal yang relevan dalam mengembangkan keputusan DPJP untuk berpartisipasi menentukan perawatan selanjutnya. Kepuasan pelayanan dirumah sakit terutama di ruang ICU yaitu perhatian dan kepedulian serta manajemen pasien keikut sertaan keluarga dalam pengambilan keputusan frekuensi komunikasi, dan suasana diruang tunggu.
Penelitian ini merupakan penelitian pre experimen design, dengan rancangan one shot case study (dimana peneliti hanya melakukan satu kali treatment/tindakan yang diperkirakan sudah mempunyai pengaruh) untuk menilai variabel bebas dan variabel terikat dan kemudian di observasi selama 2 hari dengan total responden 6 perawat.
Hasil yang diperoleh setealh dilakukan implmentasi dengan menggunakan media leaflet yaitu yang terisi sebesar 17% dan yang tidak terisi 83% dengan ini menunjukan bahwasanya tidak ada pengaruh dalam penerapan leaflet terhadap penerapan dischargeplanning di ruang ICU RSUD Ibu Fatmawati Kota Surakarta. Sedangkan untuk nilai kepuasan pelayanan di ruang ICU sebesar 87,26% dengan kategori baik.
Kata kunci : DischargePlanning, Kepuasan pelayanan di ICU
Daftar pustaka : 25 (201-2022)
ABSTRACT
Dischargeplanningispartofthenursingprocessthatdetermines thesuccessofhealthservicesinhospitals.DischargeplanningintheICU isimportanttoimplementtoreducetheemergenceofnewproblemssuch astheemergenceofdecubitus,besidesthatdischargeplanningcanserve asarelevantstartingpointindevelopingDPJPdecisionstoparticipatein determiningfurthertreatment.Hospitalservicesatisfaction,especiallyin theICUroom,namelyattentionandcareaswellaspatientmanagement, familyparticipationindecisionmaking,communicationfrequency,andthe atmosphereinthewaitingroom.
Thisresearchisapre-experimentaldesignstudy,withaoneshot case study design (where the researcher only performs one treatment/actionthatisthoughttohavehadaneffect)toassessthe independentanddependentvariablesandthenobservedfor2dayswitha totalof6nursesasrespondents.
Theresultsobtainedaftertheimplementationwascarriedoutusing theleafletmedia,namely17%filledand83%notfilled.Thisshowsthat thereisnoeffectintheapplicationofleafletsontheimplementationof dischargeplanningintheICUroomoftheIbuFatmawatiHospital, SurakartaCity.Meanwhile,thevalueofservicesatisfactionintheICU roomwas87.26%inthegoodcategory.
Keywords:DischargePlanning,SatisfactionwithservicesintheICU
Bibliography:25 (201-2022)

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Profesi Ners > KIAN
Depositing User: Univ Kusuma Husada
Date Deposited: 28 Aug 2023 02:50
Last Modified: 28 Aug 2023 02:50
URI: http://eprints.ukh.ac.id/id/eprint/4361

Actions (login required)

View Item View Item