Shylvi Ailent Yanu Arizha, Shylvi (2023) ANALISIS KEPUASAN PASIEN PENGGUNA BPJS KESEHATAN DENGAN METODE SERVQUAL (SERVICE QUALITY) DI PUSKESMAS GROGOL KABUPATEN SUKOHARJO. Other thesis, Universitas Kusuma Husada Surakarta.
Text
manuscript.pdf - Published Version Download (152kB) |
Abstract
Kepuasan merupakan perasaan seorang yang timbul dari perbandingan antara kesenangan terhadap kegiatan serta sesuatu produk dengan harapannya. Kepuasan pasien digunakan sebagai indikator kualitas pemberi layanan dalam meningkatkan tanggung jawab serta sarana yang disediakan dan mengukur kualitas kesehatan dengan memberikan pengetahuan terhadap petugas kesehatan mengarah pada indikator harapan pasien. Pemahaman tentang hubungan antara kepuasan dan pelayanan kualitas merupakan isu utama dalam menentukan strategi pembangunan di bidang Kesehatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kepuasan pasien BPJS terhadap pelayanan di puskesmas.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan Rancangan Cross-Sectional dengan metode servqual. Hasil penelitian ini menunjukkan masih terdapat gap dengan nilai positif pada variabel Reliability (Kehandalan) yaitu senilai 0,01, Emphaty (perhatian) yaitu 0,002, Assurance (Jaminan) yaitu 0,03, dan masih terdapat nilai gap negatif pada variabel Responsiveness (Daya Tanggap) yaitu senilai -0.15, dan Tangibility (Bukti Fisik) yaitu -0.11. Kesimpulan pada penelitian ini adalah dimensi Reliability (Kehandalan), Emphaty (Perhatian) dan Assurance (Jaminan) menunjukkan kinerja lebih dari harapan yang berarti pasien sangat puas, pada variable Responsiveness (Daya Tanggap) dan Tangibility (Bukti Fisik) menunjukkan kinerja kurang dari harapan yang berarti pasien tidak puas
Kata kunci: Servqual, Kepuasan pasien, BPJS Kesehatan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Depositing User: | Univ Kusuma Husada |
Date Deposited: | 30 Aug 2023 05:12 |
Last Modified: | 30 Aug 2023 05:12 |
URI: | http://eprints.ukh.ac.id/id/eprint/4658 |
Actions (login required)
View Item |