Pengaruh Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil Terhadap Kesehatan Mental Selama Kehamilan

Fadia Inaz Luthfiana, Inaz (2023) Pengaruh Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil Terhadap Kesehatan Mental Selama Kehamilan. Other thesis, Universitas Kusuma Husada.

[img] Text
Artikel Ilmiah Fadia Inaz Luthfiana AB212044.pdf - Published Version

Download (208kB)

Abstract

ABSTRAK
Latar Belakang : Kehamilan, bersalin, nifas dan menyusui merupakan masa yang sangat penting dalam kehidupan perempuan. Pada masa tersebut, mereka rentan mengalami masalah mental/kejiwaan. Beberapa faktor yang mendasari timbulnya resiko pada janin yaitu akses pelayanan kesehatan yang terbatas, kurangnya dukungan sosial dari berbagai pihak, dan kekhawatiran ibu mengenai kesehatan dirinya dan janin apabila tertular suatu penyakit. Dukungan sosial pada ibu hamil dapat membantu dalam menghadapi stressor kehidupan mereka. Kelas ibu hamil adalah kegiatan kelompok belajar yang dilakukan dengan cara membahas materi yang terdapat pada buku KIA dengan diskusi atau tukar pengalaman antara ibu hamil/suami/keluarga dan petugas kesehatan (Kemenkes, 2014).
Tujuan : penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan kelas ibu hamil terhadap kesehatan mental selama kehamilan.
Metode : Penelitian ini dilaksanakan menggunakan desain eksperimen kuasi (quasi experimental design). Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu hamil pada bulan April 2023 di Puskesmas Pracimantoro I berjumlah 42 ibu hamil. Data diperoleh melalui kuesioner. Analisis menggunakan Uji paired t-test.
Hasil : Penelitian menunjukkan Rata-rata pre-test status kesehatan mental pada kelompok eksperimen (5,14%) lebih rendah dari kelompok kontrol. Rata-rata post-test status kesehatan mental pada kelompok eksperimen (2,67%) lebih rendah dari pada kelompok kontrol. Secara statistik apabila dilihat perbedaan rata-rata sebesar (-1,952) atau p=0.017 yaitu kurang dari 0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang bermakna mengenai status kesehatan mental antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol
Kata Kunci : Kesehatan Mental Ibu Hamil, Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil

ABSTRACT
Background : Pregnancy, childbirth, postpartum and breastfeeding are very important periods in a woman's life. During this period, they are vulnerable to experiencing mental/psychiatric problems. Several factors that underlie the risk to the fetus are limited access to health services, lack of social support from various parties, and maternal concerns about the health of herself and the fetus if it is infected with a disease. Social support for pregnant women can help them deal with their life stressors. Pregnant women's classes are study group activities carried out by discussing the material contained in the KIA book with discussions or exchanging experiences between pregnant women/husbands/families and health workers (Ministry of Health, 2014).
Objective : This study aims to determine the effect of implementing classes for pregnant women on mental health during pregnancy.
Method : This research was carried out using a quasi experimental design. The population in this study was all pregnant women in April 2023 at the Pracimantoro I Community Health Center, totaling 42 pregnant women. Data was obtained through a questionnaire. Analysis uses paired t-test.
Results : Research shows that the average pre-test mental health status in the experimental group (5.14%) is lower than the control group. The average post-test mental health status in the experimental group (2.67%) was lower than in the control group. Statistically, if you look at the average difference, it is (-1.952) or p=0.017, which is less than 0.05, which means there is a significant difference regarding mental health status between the experimental group and the control group.
Keywords : Mental Health of Pregnant Women, Implementation of Classes for Pregnant Women

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Sarjana Kebidanan
Depositing User: Univ Kusuma Husada
Date Deposited: 07 Sep 2023 04:33
Last Modified: 07 Sep 2023 04:33
URI: http://eprints.ukh.ac.id/id/eprint/4908

Actions (login required)

View Item View Item