PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DEGAN MEDIA FLIPBOOK TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN MINUM OBAT PENDERITA TB PARU DI WILAYAH PUSKESMAS KEMUSU KABUPATEN BOYOLALI

Dheaanti Fadillah, Dhea (2023) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DEGAN MEDIA FLIPBOOK TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN MINUM OBAT PENDERITA TB PARU DI WILAYAH PUSKESMAS KEMUSU KABUPATEN BOYOLALI. Other thesis, Universitas Kusuma Husada Surakarta.

[img] Text
NASPUB DHEA.pdf - Published Version

Download (373kB)

Abstract

Tuberkulosis (TB) merupakan penyakit infeksi menular yang disebabkan bakteri mycrobacterium tuberculosis. Kepatuhan terhadap pengobatan panjang TB merupakan kunci dalam pengendalian TB. Untuk meningkatkan pengetahuan guna terciptanya kepatuhan minum obat TB, maka dapat diberikan pendidikan kesehatan. Salah satu media pendidikan kesehatan dalam meningkatkan pengetahuan adalah Flipbook. Sejalan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan media Flipbook terhadap tingkat kepatuhan minum obat penderita TB paru di wilayah Puskesmas Kemusu Kabupaten Boyolali.
Penelitian ini menggunakan desain pre eksperimental dengan one grup pre-test and post-test design. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling total dengan jumlah sampel 29 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner tingkat kepatuhan minum obat MMAS-8.
Analisis data penelitian menggunakan Uji Wilcoxon Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perubahan kepatuhan minum obat sesudah dilakukan pendidikan kesehatan dengan media flipbook mengenai penyakit TB dan patuh minum obat pada penderita TB paru dengan p-value 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendidikan kesehatan dengan media flipbook terhadap tingkat kepatuhan minum obat penderita TB paru di wilayah Puskesmasu Kemus Kabupaten Boyolali.

Kata Kunci: Flipbook, Kepatuhan Minum Obat, Pendidikan Kesehatan, TB Paru

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Sarjana Keperawatan > Skripsi
Depositing User: Univ Kusuma Husada
Date Deposited: 20 Sep 2023 22:24
Last Modified: 20 Sep 2023 22:43
URI: http://eprints.ukh.ac.id/id/eprint/5235

Actions (login required)

View Item View Item