Dheaanti Fadillah, Dhea (2023) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DEGAN MEDIA FLIPBOOK TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN MINUM OBAT PENDERITA TB PARU DI WILAYAH PUSKESMAS KEMUSU KABUPATEN BOYOLALI. Other thesis, Universitas Kusuma Husada Surakarta.
Text
NASPUB DHEA.pdf - Published Version Download (373kB) |
Abstract
Tuberkulosis (TB) merupakan penyakit infeksi menular yang disebabkan bakteri mycrobacterium tuberculosis. Kepatuhan terhadap pengobatan panjang TB merupakan kunci dalam pengendalian TB. Untuk meningkatkan pengetahuan guna terciptanya kepatuhan minum obat TB, maka dapat diberikan pendidikan kesehatan. Salah satu media pendidikan kesehatan dalam meningkatkan pengetahuan adalah Flipbook. Sejalan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan media Flipbook terhadap tingkat kepatuhan minum obat penderita TB paru di wilayah Puskesmas Kemusu Kabupaten Boyolali.
Penelitian ini menggunakan desain pre eksperimental dengan one grup pre-test and post-test design. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling total dengan jumlah sampel 29 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner tingkat kepatuhan minum obat MMAS-8.
Analisis data penelitian menggunakan Uji Wilcoxon Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perubahan kepatuhan minum obat sesudah dilakukan pendidikan kesehatan dengan media flipbook mengenai penyakit TB dan patuh minum obat pada penderita TB paru dengan p-value 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendidikan kesehatan dengan media flipbook terhadap tingkat kepatuhan minum obat penderita TB paru di wilayah Puskesmasu Kemus Kabupaten Boyolali.
Kata Kunci: Flipbook, Kepatuhan Minum Obat, Pendidikan Kesehatan, TB Paru
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Sarjana Keperawatan > Skripsi |
Depositing User: | Univ Kusuma Husada |
Date Deposited: | 20 Sep 2023 22:24 |
Last Modified: | 20 Sep 2023 22:43 |
URI: | http://eprints.ukh.ac.id/id/eprint/5235 |
Actions (login required)
View Item |