Rizki Dwi Kurniasari, (2023) PENGARUH PERBANDINGAN PENKES METODE (NHT) DENGAN MEDIA PAPAN TENTANG BANTUAN HIDUP DASAR TERHADAPTINGKAT PENGETAHUAN KOGNITIF DAN PSIKOMOTORIK ANGGOTA ORGANISASI PMRDI SMAN 1 WERU. Other thesis, UNIVERSITAS KUSUMA HUSADA SURAKARTA.
Text
ABSTRAK & NASPUB RIZKI DWI KURNIASARI.pdf Download (618kB) |
Abstract
Pendahuluan : Kegawatdaruratan merupakan kondisi klinis yang
membutuhkan tindakan medis dengan cepat untuk menyelamatkan
nyawa. Salah satukegawatdaruratan yang dapat terjadi adalah henti
jantung. Henti Jantung merupakan keadaan dimana hilangnya fungsi
jantung untuk memompa darah keseluruh tubuh. Bantuan hidup dasar
tidak hanya dilakukan oleh tenaga kesehatan namun dapat dilakukan
oleh setiap orang. Pendidikan kesehatan adalah suatu kegiatan untuk
memberikan suatu informasi yang mendidik masyarakat tentang
kesehatan. Media papan termasuk dalam klasifikasi media grafis dua
dimensi non proyeksi dan tidak memerlukan listrik atau proyektor,
pembelajaran menggunakan media papan dapat mempermudah dalam
penyampaian suatu informasi agar materi yang diberikanmudah di
pahami sehingga membuat ketertarikan siswa dalam berkreatifitas.
Selainitu terdapat salah satu model pembelajaran yaitu (NHT). Model ini
menekankan pada tanggung jawab secara individu atau kelompok untuk
memahami suatu materi yang di pelajari sehingga siswa berperan
secara aktif dalam proses pembelajaran yang berdampak pada kognitif
dan meningkatnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh perbandingan pendidikan kesehatan dari kedua
model pembelajaran Media papan dan terhadap tingkat pengtahuan
kognitif dan psikomotorik anggota PMR di SMAN 1 WERU
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Rencana
penelitian yang akandigunakan dalam penelitian ini adalah yaitu
bertujuan untuk mencari
tahu antar variabel yang melibatkan kelompok kontrol dan kelompok
eksperimen.
Analisa data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji dan
Hasil : Dasar pengambilan keputusan jika nilai lebih kecil <0,05, maka Ha
diterima, dan sebaliknya jika nilai maka Ha ditolak. Hasil analisa
menggunakan uji Wilcoxon test post test tingkat pengetahuan -3.852
b, dan Post test tingkat keterampilan -3.743 b. menunjukan hasil
p=000<a 0,05 maka Ha diterimaartinya terdapat pengaruh penkes NHT
dan Media Papan terhadap tingkat kognitif danpsikomotorik siswa-siswi
anggota PMR di SMAN 1 WERU.
Kesimpulan : Berdasarkan hasil dari penelitian dinyatakan ada pengaruh
pemberian pendidikan kesehatan dengan menggunakan kedua model
pembelajaran metode
dan Media papan tentang bantuan hidup dasar terhadap tingkat kognitif
dan psikomotorik pada anggota PMR di SMAN 1 WERU
Kata Kunci : Bantuan Hidup Dasar, Media papan, Pendidikan
Kesehatan
Daftar Pustaka : 52 (2013-2023)
NURSING STUDY PROGRAM OF UNDERGRADUATE PROGRAMS
FACULTY OF HEALTH SCIENCES
UNIVERSITY OF KUSUMA HUSADA SURAKARTA
2023
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Sarjana Keperawatan > Skripsi |
Depositing User: | Univ Kusuma Husada |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 02:39 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 04:50 |
URI: | http://eprints.ukh.ac.id/id/eprint/5845 |
Actions (login required)
View Item |