HUBUNGAN RESPONSE TIME PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI IGD RUMAH SAKIT UMUM FITRI CANDRA KABUPATEN WONOGIRI

HERI SETIAWAN, HERI (2024) HUBUNGAN RESPONSE TIME PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI IGD RUMAH SAKIT UMUM FITRI CANDRA KABUPATEN WONOGIRI. Other thesis, Universitas Kusuma Husada Surakarta.

[img] Text
NASKAH PUBLIKASI HERI.pdf

Download (431kB)

Abstract

Instalasi Gawat Darurat (IGD) merupakan salah satu unit pelayanan di rumah sakit yang memberikan
pertolongan pertama dan sebagai jalan pertama masuknya pasien dengan kondisi gawat darurat. IGD menjadi
titik awal yang sangat penting bagi masyarakat yang membutuhkan penanganan dan perawatan mendesak
untuk mendapatkan pelayanan Kesehatan. IGD mempunyai peran penting dalam memberikan kepuasan pada
pasien melalui kinerja yang di berikan oleh tenaga medis dalam menangani dan pelayanan sebaik mungkin
kepada pasien termasuk perawat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan response time
perawat dengan kepuasan pasien di Ruang IGD Rumah Sakit Fitri Candra Kabupaten Wonogiri.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian cross sectional study
dengan melibatkan 360 pasien sebagai populasi penelitian. Peneliti menentukan sampel dengan
menggunakan Teknik sampling purposive dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Instrumen
penelitian menggunakan kuesioner dan uji analisis menggunakan uji kendall tau untuk mengetahui hubungan
variable response time perawat dengan kepusan pasien di ruang IGD RSU. Fitri Candra Wonogiri.
Rata-rata responden berusia 45, 46 tahun, mayoritas responden berjenis kelamin laki-laki sebanyak 52
responden (52%), tingkat pendidikan terbanyak SMA sebanyak 40 responden (40%), mayoritas responden
bekerja selain petani, IRT, PNS/TNI/POLRI (lain-lain) sebanyak 54 responden (54%) dan mayoritas
responden adalah pengguna jaminan kesehatan (BPJS) yaitu sebanyak 97 responden. Rata-rata response time
perawat di IGD RSU Fitri Candra dalam kategori cepat yaitu sebanyak 94 responden (94%). Rata-rata
responden di IGD RSU Fitri candra menyatakan sangat puas terhadap pelayanan yang diberikan perawat
yaitu sebanyak 44 responden (44%).
Terdapat hubungan response time perawat di IGD RSU Fitri Candra wonogiri terhadap kepuasan pasien
dengan nilai P=0,02 < 0,005 artinya respon yang diberikan perawat yang semakin cepat maka akan
mempengaruhi kepuasan pasien. Terdapat hubungan response time perawat dengan kepuasan pasien di
Ruang IGD Rumah Sakit Fitri Candra Wonogiri.
Kata kunci : response time, kepuasan pasien, perawat
Pustaka : 20 (2013-2022)

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Sarjana Keperawatan > Skripsi
Depositing User: Univ Kusuma Husada
Date Deposited: 02 Apr 2024 06:56
Last Modified: 02 Apr 2024 06:56
URI: http://eprints.ukh.ac.id/id/eprint/6204

Actions (login required)

View Item View Item