CROSS SECTIONAL FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN MEDICAL CHECK UP ( MCU ) DI RS BHAYANGKARA SURAKARTA

OKTAPHIANA SAPUTRI, SAPUTRI (2024) CROSS SECTIONAL FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN MEDICAL CHECK UP ( MCU ) DI RS BHAYANGKARA SURAKARTA. Other thesis, UNIVERSITAS KUSUMA HUSADA SURAKARTA.

[img] Text
naspub oktaphiaaa.pdf

Download (355kB)

Abstract

PROGRAM STUDI KEPERAWATAN PROGRAM SARJANA
FAKULTAS KESEHATAN
UNIVERSITAS KUSUMA HUSADA SURAKARTA
2024

Oktaphiana Saputri

Cross Sectional Faktor Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Medical Check Up ( MCU ) di RS Bhayangkara Surakarta

ABSTRAK

Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator mutu pelayanan kesehatan. Jika suatu instansi kesehatan salah satunya rumah sakit akan melakukan upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan. Rumah sakit baru memerlukan pengukuran kepuasan pasien guna evaluasi tentang kualitas pelayanannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor hubungan terhadap kepuasan pasien Medical Check Up di RS Bhayangkara Surakarta.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional (belah lintang). Cross Sectional merupakan suatu penelitian untuk mempelajari korelasi antara faktor-faktor resiko dengan efek. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 178 pasien MCU. Teknik sampling mengunakan teknik purposive sampling dan besar sampel dihitung menggunakan rumus slovin menghasilkan sebanyak 70 responden.
Analisa data penelitian ini menggunakan uji korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikasi sebesar 0,000 dengan koefisien korelasi sebesar 0,557 untuk kualitas pelayanan, koefisien korelasi sebesar 0,583 untuk komunikasi terapeutik, koefisien korelasi sebesar 0,557 untuk tingkat estetika, dan terakhir koefisien korelasi sebesar 0,494 untuk tingkat harga. Sehingga dapat diartikan ada hubungan antara kualitas pelayanan, komunikasi terapeutik, estetika, dan harga dengan kepuasan pasien Medical Check Up di RS Bhayangkara Surakarta. Saran untuk peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian dengan menekankan salah satu variabel (kualitas pelayanan, komunikasi terapeutik, estetika, dan harga) yang berhubungan kepuasan pasien Medical Check Up di RS Bhayangkara Surakarta

Kata Kunci : Kepuasan Pasien, Medical Check Up, Faktor Kepuasan Pasien
Daftar Pustaka : 40 (2010-2023)

UNDERGRADUATE PROGRAM IN NURSING
HEALTH FACULTY
KUSUMA HUSADA UNIVERSITY SURAKARTA
2024

Oktaphiana Saputri

CROSS SECTIONAL FACTORS RELATED TO MEDICAL CHECK UP (MCU) PATIENT SATISFACTION AT BHAYANGKARA HOSPITAL SURAKARTA

ABSTRACT

Patient satisfaction is an indicator of the quality of health services. If a health agency, one of which is a hospital, will make efforts to improve the quality of health services. New hospitals require patient satisfaction measurements to evaluate the quality of their services. The aim of this research is to determine the relationship factors with patient satisfaction with Medical Check Up at Bhayangkara Hospital, Surakarta.
This type of research is descriptive analytic with a cross sectional approach. Cross Sectional is a research to study the correlation between risk factors and effects. The population in this study was 178 MCU patients. The sampling technique used purposive sampling technique and the sample size was calculated using the Slovin formula resulting in 70 respondents.
Analysis of this research data used the Pearson correlation test. The research results show that the significance value is 0.000 with a correlation coefficient of 0.557 for service quality, a correlation coefficient of 0.583 for therapeutic communication, a correlation coefficient of 0.557 for aesthetic level, and finally a correlation coefficient of 0.494 for price level. So it can be interpreted that there is a relationship between service quality, therapeutic communication, aesthetics, and price and patient satisfaction with Medical Check Up at Bhayangkara Hospital, Surakarta. Suggestions for future researchers to conduct research by emphasizing one of the variables (service quality, therapeutic communication, aesthetics, and price) that is related to patient satisfaction with Medical Check Up at Bhayangkara Hospital, Surakarta.

Keywords : Patient Satisfaction, Medical Check Up, Patient Satisfaction
Factors
Bibliography : 40 (2010-2023)

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Sarjana Keperawatan > Skripsi
Depositing User: Unnamed user with email eprints@ukh.ac.id
Date Deposited: 26 Apr 2024 02:53
Last Modified: 26 Apr 2024 02:53
URI: http://eprints.ukh.ac.id/id/eprint/6310

Actions (login required)

View Item View Item