Pengaruh Pendidikan Kesehatan Video Teknik Menyusui Terhadap Tingkat Pengetahuan Ibu Nifas Di Puskesmas Mamajang Makassar

Valentine Yuliani, Yuli (2024) Pengaruh Pendidikan Kesehatan Video Teknik Menyusui Terhadap Tingkat Pengetahuan Ibu Nifas Di Puskesmas Mamajang Makassar. Other thesis, Universitas Kusuma Husada Surakarta.

[img] Text
Artikel (Valentine Yuliani AB221101).pdf

Download (570kB)

Abstract

Teknik menyusui yang benar adalah cara memberikan ASI kepada bayi dengan perlekatan posisi ibu
dan bayi dengan benar. Perilaku menyusui yang salah dapat mengakibatkan puting susu menjadi lecet, ASI
tidak keluar optimal sehingga mempengaruhi produksi ASi selanjutnya atau enggan menyusui (Subekti, 2019).
Untuk mencapai keberhasilan menyusui diperlukan pengetahuan mengenai teknik-teknik menyusui yang
benar. Pendidikan kesehatan tentang cara menyusui dapat diberikan melalui media salah satunya adalah media
video. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendidikan kesehatan video teknik menyusui
terhadap tingkat pengetahuan ibu nifas di puskesmas Mamajang Makassar. Metode penelitian ini adalah pre
experimen design dengan pendekatan one group pretest postest. Penelitian dilaksanakan di Puskesmas
Mamajang Makassar pada tanggal 25 September sampai 18 November 2023. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh Ibu nifas 0-40 hari yang ada diwilayah kerja Puskesmas Mamajang Makassar dari bulan
September sampai November yang berjumlah 32 orang menggunakan total sampling. Pengumpulan data
mengunakan kuesioner.dengan variabel yang diamati adalah tingkat pengetahuan ibu nifas. Hasil Uji Wilcoxon
dengan nilai signifikasi P-Value <0,001 (<0,05). Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh pendidikan
kesehatan video teknik menyusui terhadap tingkat pengetahuan ibu nifas.

Kata Kunci: Pendidikan Kesehatan, Pengetahuan, Teknik Menyusui

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Sarjana Kebidanan
Depositing User: Univ Kusuma Husada
Date Deposited: 26 Apr 2024 07:44
Last Modified: 28 Apr 2024 07:42
URI: http://eprints.ukh.ac.id/id/eprint/6321

Actions (login required)

View Item View Item