YOYON INFANTERI, Yoyon (2024) HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA DENGAN KEMATANGAN EMOSIONAL REMAJA DI SMK WARGA SURAKARTA JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN. Other thesis, UNIVERSITAS KUSUMA HUSADA SURAKARTA.
Text
NASKAH PUBLIKASI YOYON INFANTERI S20042 S20A.pdf - Updated Version Download (471kB) |
Abstract
Kematangan emosi adalah keadaan seseorang yang telah sampai jenjang kedewasaan dari perkembanpgan emosional individu yang melibatkan kontrol emosional. Pola asuh orang tua menjadi faktor yang dapat mempengaruhi kematangan emosi remaja. Terbentuknya kematangan emosi sangat erat kaitannya dengan peran pola asuh orang tua. Penelitian ini untuk mengetahui hubungan pola asuh orangtua dengan kematangan emosional remaja di SMK Warga Surakarta jurusan teknik kendaraan ringan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif menggunakan pendekatan cross-sectional dengan desain observasional. Teknik penelitian ini menggunakan non probability sampling dengan hasil 56 responden. Uji analisa data ini menggunakan Uji gamma. hasil penelitian Karakteristik responden berdasarkan pola asuh menunjukan bahwa pola asuh yang diterapkan oleh orang tua mayoritas adalah pola asuh otoriter sebanyak 26 orang (46,4 %), pola asuh demokratis 20 orang (35,7%), dan pola asuh orang tua permessif 10 orang (17,9%), Karakteristik responden berdasarkan Kematangan Emosional responden menunjukan hasil bahwa mayoritas responden memiliki tingkat kematangan emosional dengan kategori bagus sebanyak 55 responden (98,2%). didapatkan hasil p-value 0,308 (<0,05) H0 diterima dan Ha ditolak artinya tidak ada hubungan antara pola asuh orang tua terhadap kematangan emosional remaja di SMK Warga Surakarta Jurusan Teknik Kendaraan Ringan.
Kata kunci: Kematangan Emosional, Pola Asuh, Remaja
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Sarjana Keperawatan > Skripsi |
Depositing User: | Univ Kusuma Husada |
Date Deposited: | 16 Jul 2024 04:38 |
Last Modified: | 16 Jul 2024 04:38 |
URI: | http://eprints.ukh.ac.id/id/eprint/6655 |
Actions (login required)
View Item |