Devi Novitawati, Devi (2024) PENGUKURAN INDEKS KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH IR. SOEKARNO KABUPATEN SUKOHARJO. Other thesis, Universitas Kusuma Husada Surakarta.
Text
Naskah Publikasi AK20004.pdf Download (272kB) |
Abstract
Survei Kepuasan Masyarakat/Pasien merupakan implementasi dari Pasal 38 Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik yang menyatakan bahwa setiap penyelenggara pelayanan publik wajib melakukan penilaian secara berkala terhadap kinerja penyelenggaraan pelayanan dengan tujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu pelayanan, kualitas layanan, serta memenuhi harapan masyarakat/pasien.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan kesehatan di RSUD Ir. Soekarno Kabupaten Sukoharjo dengan Metode Servqual. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, sumber data menggunakan responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling sebanyak 100 responden dengan menggunakan rumus slovin. Teknik analisis data menggunakan Metode Service Quality (Servqual) dan Importance Performance Analysis (IPA).
Hasil penelitian menggunakan Metode Servqual menunjukkan nilai rata-rata keseluruhan tingkat kenyatan sebesar 4,35, sedangkan nilai rata-rata keseluruhan tingkat harapan sebesar 4,42, sehingga nilai gap keseluruhan sebesar -0,07 yang berarti masih terdapat kesenjangan antara harapan dengan persepsi pasien. Sehingga disimpulkan bahwa pasien belum merasa puas atau kinerja pelayanan yang diberikan RSUD Ir. Soekarno Kabupaten Sukoharjo belum sesuai dengan harapan pasien rawat jalan RSUD Ir. Soekarno Kabupaten Sukoharjo. Hasil penelitian menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA) menunjukkan bahwa pada kuadran I tidak ditemukan atribut yang perlu diprioritaskan, pada kuadran II ditemukan 13 atribut, pada kuadran III ditemukan 7 atribut, dan pada kuadran IV tidak ditemukan atribut yang dilaksanakan secara berlebihan.
Kata Kunci: Kepuasan, Metode Servqual, Pelayanan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Sarjana Administrasi Kesehatan |
Depositing User: | Univ Kusuma Husada |
Date Deposited: | 09 Aug 2024 05:04 |
Last Modified: | 09 Aug 2024 05:04 |
URI: | http://eprints.ukh.ac.id/id/eprint/7558 |
Actions (login required)
View Item |