Pengaruh Terapi Beramain Leaf Printing Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Prasekolah

Arum maudzi, Arum (2024) Pengaruh Terapi Beramain Leaf Printing Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Prasekolah. Other thesis, Universitas kusuma Husada Surakarta.

[img] Text
Naskah Publikasi.pdf

Download (278kB)

Abstract

Anak prasekolah berusia 3-6 tahun, dikenal sebagai The Wonder Yers, memiliki rasa ingin tahu tinggi dan sangat aktif. Pada periode ini, mereka berperan sebagai penjelajah,
ilmuwan, seniman, dan peneliti. Perkembangan motorik halus, yang melibatkan keterampilan otot-otot kecil dengan koordinasi mata dan tangan, sangat penting untuk
kesejahteraan anak. Keterlambatan dalam perkembangan ini dapat menyebabkan kesulitan akademik, kurang percaya diri, dan masalah dalam fungsi sosial. Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis pengaruh terapi bermain leaf printing terhadap motorik halus anak prasekolah di TK DAYU 01. Menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi-
eksperimental dan posttest only control group design, sampel penelitian terdiri dari 38 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok intervensi yang diberikan terapi leaf printing memiliki perkembangan motorik halus normal sebanyak 89,5%, dibandingkan dengan kelompok kontrol yang diberikan terapi menggambar sebanyak 65,8%. Uji mann-
whitney menunjukkan perbedaan signifikan dalam perkembangan motorik halus antara kelompok intervensi dan kontrol dengan p value 0,014 dengan mean rank menggambar lebih tinggi (43,00) dibandingkan dengan leaf printing (34,00), dengan analisis menggambar lebih efektif daripada leaf printing.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Sarjana Keperawatan
Depositing User: Univ Kusuma Husada
Date Deposited: 19 Aug 2024 06:05
Last Modified: 19 Aug 2024 06:05
URI: http://eprints.ukh.ac.id/id/eprint/7772

Actions (login required)

View Item View Item