HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TERHADAP KEBERHASILAN PEMBERIAN ASI EKSLUSIF DI POSYANDU DAHLIA GIRIHARJO

Shinta Dewi, Shinta (2024) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TERHADAP KEBERHASILAN PEMBERIAN ASI EKSLUSIF DI POSYANDU DAHLIA GIRIHARJO. Other thesis, Universitas Kusuma Husada Surakarta.

[img] Text
NASKAH PUBLIKASI SHINTA DEWI.pdf - Published Version

Download (219kB)

Abstract

Pemberian ASI Ekslusif merupakan investasi jangka panjang yang terbaik untuk kebutuhan nutrisi serta mengoptimalkan kelangsungan hidup anak pada 2 tahun pertamanya, namun masih ada beberapa ibu yang belum mengetahui betapa pentingnya manfaat dan keunggulan pemberian ASI Eklsusif pada anaknya, sehingga mengakibatkan ibu tidak memberikan bayinya ASI secara Eklsusif. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan ibu terhadap keberhasilan pemberian ASI Ekslusif di Posyandu Dahlia Giriharjo, menggunakan metode kuantitatif analitik korelasioanal dengan pendekatan cross sectional. Populasinya yaitu ibu menyusui diposyandu Dahlia Giriharjo yang memiliki bayi usia 06-24 bulan berjumlah 38 ibu, lalu untuk teknik samplingnya yaitu total sampling. Data yang diperoleh melalui pembagian kueisoner kepada responden dan selanjutnya data tersebut diolah menggunakan uji statistik chi square. Penelitian ini memiliki hasil mayoritas ibu mempunyai tingkat pengetahuan baik sebanyak 20 ibu (52,6%), ibu dengan pengetahuan cukup berjumlah 14 ibu (36,9%), dan yang memiliki pengetahuan kurang yaitu 4 ibu (10,5%). Sedangkan ibu yang memberikan bayinya ASI ekslusif berjumlah 25 ibu (65,8%) dan sisanya 13 ibu (34,2%) tidak memberikan ASI Ekslusif. Uji statistik chi square didapatkan hasil p value 0.000 dengan nilai α 0.05 maka H0 ditolak dan Hα diterima artinya ada hubungan antar variabel yang diteliti.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Sarjana Kebidanan
Depositing User: Univ Kusuma Husada
Date Deposited: 23 Oct 2024 07:26
Last Modified: 23 Oct 2024 07:26
URI: http://eprints.ukh.ac.id/id/eprint/8253

Actions (login required)

View Item View Item